Rabu, 06 Juni 2012

ekonomi


Penentuan Kegiatan Ekonomi Negara: Pandangan Klasik, Keynes dan Ekonomi Islam
Perbedaan pendapat di antara ahli-ahli ekonomi klasik dan keynes di nyatakan dengan beberapa faktor sebagai berikut:
    Faktor yang menentukan suku bunga
    Faktor yang menentukan tingkat ekonomi negara
    Pandangan klasik mengenai operasi pasaran buruh dalam sistem pasaran bebas serta keynes lebih ke atas dari pandangan itu.
1.    Pandangan Ahli Ekonomi Klasik
Menurut ahli-ahli ekonomi yang tergolong dalam mazhab klasik berkeyakinan perekonomian pada umumya akan selalu mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh.  Sebagaimana telah dipelopori oleh Adam Smith bahwa mazhab klasik ini terdiri atas para ekonom dan simpatisan ilmu ekonomi yang umum nya memandang fenomena ekonomi sebagai fenomena alam yang selalu bersifat eksak dengan ketentuan hukum alam. Ia juga mempunyai asumsi andalan yaitu: perfect competition atau persaingan sempurna. Asumsi ini juga merupakan sebuah bukti bahwa perilaku ekonomi sama dengan keteraturan alam.
Dasar Filsafat mazhab klasik (Adam Smith) yaitu laissez faire- laisses fases yang menyatakan bahwa setiap individu bebas melakukan kegiatan ekonomi apapun (dalam batas tertentu). Selanjutnya mereka juga beranggapan bahwa dalam perekonomian tidak akan terjadi kekurangan permintaan , sehingga pada akhir nya penggunaan tenaga kerja penuh akan selalu tercapai. Hal ini didasarkan pada Hukum Say yaitu supplay creats its own demand (penawaran menciptakan permintaan sendiri).
Pandangan mazhab klasik terbagi menjadi 3 yaitu menurut kegiatan ekonomi, fleksibilitas tingkat bungaterhadap tabungan dan investasi dan fleksibilitas tingkat upah.
Para Mazhab Klasik juga menentukan Tingkat Kegiatan Perekonomian dengan beberapa  Faktor harus dipenuhi agar kondisi full-employment, yaitu sebagai berikut:
•    Jumlah barang modal yang dipergunakan dalam perekonomian
•    Jumlah dan kualitas tenaga kerja yang bersedia
•    Jumlah dan jenis kekayaan alam yang digunakan
•    Tingkat teknologi yang dipergunakan.
2.    Pandangan Ahli Ekonomi Keynes
Sebagai pelopor aliran keynes (john Maynard keynes menyatakan percaya bahwa perekonomian liberal yang mengandalkan pemilik modal adalah merupakan pemicu kemajuan ekonomi. Bahkan mereka juga percaya bahwa konsep kapitalisme juga memiliki kelemahan dan oleh karena nya maka pemerintah perlu campur tangan.
Dasar filsafat ini sangat berbeda dengan pandangan klasik karena keynes mereka berpendapat bahwa dalam perekonomian, pihak swasta tidak sepenuh nya diberikan kekuasaan untuk mengelola perekonomian karena kondisi tertentu. Keynes juga tidak percaya dengan  kekuatan dari laissez faire yang dapat mengoreksi diri sendiri untuk mencapai kondisi full employment.
Keynes memiliki pandangan dalam penentu kegiatan perekonomian sebagai berikut:
    Peranan perbelanjaan agregat dalam menentukan kegiatan ekonomi
    Komponen utama dari perbelanjaan agregat
    Contoh angka dan gambaran secara grafik mengenai penentuan kegiatan sesuatu perekonomian.
Faktor Penentu Kegiatan Ekonomi Negara adalah tingkat permintaan efektif, yaitu permintaan yang disertai oleh kemampuan untuk membayar barang dan jasa yang diminta à permintaan agregatif (C, I, G, X – M).
Notasi ekonomi Keynsian = Y = AE = C + I + G + (X – M) à AE = Agregat Expenditure. Tingkat upah dan pengangguran yaitu Tingkat upah yang sehubungan dengan penawaran tenaga kerja yang melebihi permintaannya yang berdasarkan analisis klasik jumlah yang dibutuhkan. Manakala tingkat upah turun, maka tingkat pendapatan pun akan turun, dan selanjutnya daya beli akan turun dan tentu saja pengeluaran masyarakat akan semakin berkurang à kelebihan kapasitas produksi.
3.    Menurut Pandanga Islam
Kebudayaan islam merupakan kebudayaan yang unik dan berbeda dengan kebudaaan lainnya. Hal ini di karenakan islam mengandung falsafah yang spesifik dan berbeda dengan falsafah budaya lain nya. Walaupun analisa ini tidak menitik beratkan falsafah kehidupan islam,namun pemhaman tentang falsafah itu sangat penting, karena berkaitan erat dengan prinsip ekonomi masyarakat islam. Yang di tentukan oleh pandangan dunia dalam al-quran bertujuan kehidupan masyarakat islam secar a keseluruhan dengan ciri budaya yang terpadu yang terdapat dalam kebudayaan islam ialah budaya yang paling mantap dari budaya yang lain nya. Menurut falsafah Al-Qur’an semua aktifitas yang dilakukan oleh manusia patut dikerjakan untuk mendapat kan Falah yaitu istilah yang di maksud untuk mencapai kesempurnaan dunia akan akhirat.falah yang terdapat dalam al-quran sama arti nya dengan Kerelaan Allah yang merupakan ide Abstrak dan sukar dipaparkan secara jelas sementara Falah juga merupakan keadaan yang dapat dilihat dan dipahami.
Contoh Pandangan islam menurut Mekanisme Pasar, Komsumsi dan Tabungan Syari’ah
     Harga sesuai dengan kekuatan penawaran dan permintaan di pasar, karena ketentuan harga tergantung pada hukum suply dan demand.
     memberikan peluang  pada kondisi tertentu untuk melakukan intervensi ( harga  price intervention), bila para pedagang melakukan monopoli  dan kecurangan yang menekankan dan merugikan konsumen.
     Ekonomi ditinjau dari perinsip syari’ah: sebagai dana bantuan bagi masyarakat yang kurang mampu, yang hanya diambil 2,5% dari pendapatan yang tidak di komsumsi (Zakat dari perniagaan)
     Zakat bukan pengganti kewajiban financial pada negara, seperti pajak melainkan penyisihan pendapatan yang tidak digunakan untuk komsumsi yang akan berguna bagi masyarakat yang kurang mampu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar